Bisnis  

Tren Self Order dan Manfaatnya Bagi Bisnis Cafe dan Restoran

Bisnis F&B

Self order pada bisnis kuliner sedang populer. Layanan ini merupakan inovasi baru yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Teknologi self-order membuka dunia bisnis bidang F&B tentang pengalaman yang baru dan menarik bagi pelanggan dan pemilik bisnis seperti cafe dan restoran. Karena, self order sangat cocok dipakai dalam usaha makanan ini.

Self order mengacu pada upaya melayani diri sendiri dalam suatu aktivitas dan lebih menekankan pada cara pemesanan produk secara mandiri.

Pelanggan dapat melakukan pemesanan makanan dengan lebih tepat dan cepat. Pelanggan bisa langsung memesan dan membayar pesanannya secara mandiri tanpa perlu dilayani kasir atau pelayan.

Sementara itu, operator cafe dan restoran dapat mengelola operasionalnya dengan lebih terampil, produktif, efisien dan dinamis.

Penerapan self order dalam bisnis F&B memanfaatkan berbagai macam perangkat, seperti scan kode QR untuk akses ke menu digital pada smartphone pelanggan, pemesanan melalui tablet di meja, hingga pemesanan melalui URL atau link yang telah disediakan.

Ketika pelanggan masuk ke cafe atau restoran yang telah menerapkan self order, maka pelanggan bisa mencari sendiri meja yang kosong untuk ditempati lalu melakukan scan pada kode QR di atas meja.

Kode QR di meja adalah menu digital yang menjadi bagian dari sistem self order. Manfaat menu digital bagi bisnis FnB memberikan banyak dampak positif terhadap bisnis dan juga bagi pelanggan. Menu digital dan self order wajib dimiliki bisnis F&B saat ini.

Self order sudah terintegrasi dengan sistem POS modern untuk mengelola pesanan pelanggan, memproses pesanan ke divisi terkait seperti dapur, kasir, dan pramusaji, serta terkoneksi langsung dengan sistem pembayaran digital.

Sistem pembayaran juga bisa dilakukan secara cashless dengan QRIS, dompet digital, hingga transfer melalui rekening virtual yang terdapat pada sistem POS yang digunakan cafe atau restoran.

Bagi pelanggan, menggunakan teknologi self order dalam hal pemesanan makanan restoran, kafe, atau rumah makan ini dapat mempercepat proses, menyingkat waktu pesanan, hingga pembayaran langsung dari meja.

Manfaat Self Order untuk Cafe dan Restoran

Manfaat self order bagi bisnis cafe dan restoran sangat banyak. Semuanya memberikan manfaat positif, baik bagi bisnis dan juga pelanggan.

  • Mengatasi antrean panjang

Kalau bisnis cafe atau restoran sedang ramai, banyak pelanggan yang mau tak mau harus mengantri untuk memesan atau membayar pesanan. Terlebih bila semua masih menggunakan cara konvensional.

Hal-hal seperti ini sering membuat pelanggan merasa kecewa dan bisa mengurungkan niat mereka untuk kembali datang.

Teknologi self order menghilangkan kebutuhan pelanggan untuk mengantri untuk memesan makanan dari kasir atau tanpa perlu menunggu pramusaji tiba di meja dalam waktu lama.

  • Meminimalisir kesalahan manusia

Kesalahan manusiawi sangat mungkin terjadi pada bisnis, apalagi di bisnis restoran atau cafe. Pelayan bisa saja keliru mencatat menu atau mengantarkan makanan ke meja yang salah.

Hal-hal seperti ini pasti pernah terjadi dan seringkali membuat pelanggan merasa jengkel. Self-order dapat meminimalisasi kesalahan manusia dan mempercepat proses layanan.

  • Budaya pembayaran cashless

Teknologi self order sudah terhubung dengan pembayaran sekaligus. Hal ini tak lepas dari inovasi teknologi pembayaran yang menerima pembayaran melalui QRIS, dompet digital, hingga transfer rekening virtual. Bagi pelanggan, adanya alternatif pembayaran digital ini membuat mereka dapat memilih alat pembayaran yang disukai.

Bagi pemilik bisnis, cashless menjadikan risiko kehilangan, pencurian, atau uang palsu dengan mudah diminimalisir.

  • Kepuasan pelanggan

Penerapan self order memberi keuntungan bagi pelanggan sehingga mendapat kepuasan. Hal ini karena tanpa adanya ketergantungan pada kasir atau pramusaji, pelanggan bisa melakukan aktivitas memesan dan transaksi pembayaran lebih cepat dari meja.

  • Mengurangi penipuan oleh kasir

Dengan memasang sistem self order di cafe atau restoran kamu, akan  mengurangi tindakan penipuan. Pelanggan dapat secara mandiri melakukan pemesanan dan membayar secara non-tunai menggunakan sistem self order.

Berdasarkan pesanan pelanggan, semua transaksi bisnis dapat tercatat secara otomatis tanpa keterlibatan kasir atau pramusaji.

  • Mendapatkan lebih banyak popularitas

Pemesanan sendiri atau self order masih belum banyak dilakukan di usaha cafe atau restoran Indonesia. Bisa dipastikan akan banyak pelanggan yang tertarik untuk mencoba teknologi ini di cafe atau restoran jika kamu selaku pemilik bisnis segera menerapkannya.

Jangan ketinggalan dalam menggunakan self order dan POS modern di cafe atau restoran kamu sebelum pesaing bisnismu melakukannya terlebih dahulu. Dapatkan ketenaranmu lebih dulu dengan self order ini.

Fasty dengan Teknologi Self Order dan POS Modern

Fasty adalah solusi sistem POS modern untuk pengelolaan bisnis cafe, restoran, yang terintegrasi dalam satu platform yang mudah untuk efisiensi pesanan hingga pembayaran dan manajemen bisnis F&B.

Cara kerja Fasty sebagai sistem POS Kasir lengkap dalam satu platform sangat mudah. Bagi pelanggan, cukup tiga langkah mudah, yaitu scan QR menu, lakukan pemesanan dan pembayaran sekaligus dari atas meja.

Menggunakan teknologi sistem Fasty akan sangat membantu bisnis F&B khususnya cafe dan restoran lebih mempunyai daya saing. Sistem bisnis dan manajemen yang baik dapat meningkatkan efisiensi dan mampu menaikkan penjualan hingga 30%.