Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti

Posted on

Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti – Keyboard merupakan salah satu bagian yang penting dalam sebuah ponsel. Karena keyboard digunakan untuk mengetik chat atau pun yang lainnya. Tanpa keyboard kita tidak bisa menggunakan ponsel dengan maksimal.

Pada Google Play Store apk tersedia bermacam – macam aplikasi keyboard android yang menarik untuk dipasang di ponsel android kamu. Salah satu aplikasi keyboard terbaik yang populer dan banyak yang menginstall aplikasi ini yaitu Gboard.

Gboard merupakan aplikasi keyboard yang mempunyai banyak fitur yang bermanfaat agar mengetik menjadi lebih mudah dan merupakan keyboard buatan Google.

Meskipun demikian, aplikasi Gboard tetap saja tidak luput dari masalah yang sering terjadi misalnya tiba – tiba tidak berfungsi atau error pada aplikasi keyboard yang digunakan. Biasanya akan muncul notifikasi yaitu “Sayangnya keyboard android telah berhenti”. Hal ini sering menjadi keluhan para pengguna Gboard.

Sedang enak – enaknya chatting dengan teman atau pun orang lain, tiba – tiba keyboard kita hilang. Atau ponsel kita menjadi stuck, tidak dapat digunakan untuk apa pun. Bukankah ini mengganggu kita. Sehingga menyebabkan banyak pengguna yang beralih ke aplikasi keyboard lainnya.

Bagaimana cara mengatasi masalah aplikasi Gboard yang telah berhenti pada ponsel android kita? Berikut ini akan dibahas mengenai langkah – langkah atau cara mengatasi Gboard yang telah berhenti pada ponsel kita.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi aplikasi Gboard yang berhenti tiba – tiba. Apa saja cara yang dapat dilakukan? Berikut penjelasannya ya..

1. Bersihkan Cache Gboard

Cobalah untuk membersihkan data dan cache dari aplikasi GBoard. Bisa jadi data yang terpakai cukup besar atau RAM pada ponsel kamu penuh, sehingga menyebabkan aplikasi berhenti tiba – tiba. Berikut ini langkah – langkah membersihkan data dan cache aplikasi Gboard:

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih dan klik Apps atau Aplikasi
  • Klik aplikasi GBoards
  • Clear Cache atau Bersihkan Cache

Setelah itu ada baiknya untuk me-reboot ponsel kamu ya. Agar lebih maksimal proses pembersihan cache nya.

2. Jadikan Gboard sebagai Keyboard Default

Apabila kamu menggunakan lebih dari satu aplikasi keyboard yang terpasang di ponsel android kamu dan salah satunya yaitu aplikasi Gboard. Sering sekali terjadi masalah, jika terdapat aplikasi keyboard yang kita install dari Play Store kecuali Gboard.

Hal ini menyebabkan menjadi ketidak nyamanan dalam mengetik, meskipun tidak menggunakan Gboard. Maka, ubahlah agar aplikasi Gboard menjadi keyboard Default.

Berikut ini langkah – langkah mengubah aplikasi Gboard menjadi keyboard default:

  • Klik menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih dan Klik Additional settings
  • Klik Languages & input atau Bahasa & Input
  • Klik Current Keyboard atau Keyboard Saat Ini
  • Pilih Gboard di tampilan Change Keyboard

Setelah mengikuti langkah – langkah tersebut, aplikasi Gboard kamu telah menjadi aplikasi utama untuk keyboard.

3. Restart Aplikasi Gboard

Bisa jadi karena aplikasi di ponsel kamu bermasalah atau ruang penyimpanan pada ponsel kamu penuh. Hal itu menyebabkan aplikasi Gboard kamu mengalami masalah. Untuk itu, kamu perlu merestart atau memuat ulang ponsel kamu. Bagaimana caranya? Caranya mudah kok.

Caranya kamu hanya tinggal menekan tombol daya. Setelah itu kamu hanya perlu memilih reboot.

Reboot berfungsi untuk memuat ulang ponsel kamu. Kamu hanya perlu menunggu sebentar hingga proses reboot selesai 100 %.

BACA :  Aplikasi Karaoke Android Terbaik 2020

4. Force Stop atau Paksa Berhenti

Aplikasi Gboard yang telah kamu install sebaiknya di restart untuk menginstall ulang aplikasi Gboard yang telah terhenti. Jika tidak bisa juga dengan cara merestart aplikasi, maka paksa aplikasi untuk berhenti.

Cara menghentikan paksa aplikasi Gboard sebagai berikut:

  • Klik menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih dan klik Apps atau Apl atau Aplikasi
  • Cari dan klik Gboard
  • Setelah itu pilih dan klik Force Stop atau Paksa Berhenti
  • Pilih OK

Kemudian kamu download dan install kembali Gboard.

5. Uninstall Update atau Copot Installan Terbaru

Langkah – langkah untuk mencopot installan Gboard, yaitu:

  • Buka aplikasi Play Store
  • Cari dan buka aplikasi Gboard
  • Pilih Uninstall atau Copot pemasangan

6. Reset Pabrik

Menggunakan cara reset pabrik atau Factory Reset merupakan pilihan terakhir yang dilakukan untuk mengatasi masalah Gboard yang telah terhenti.

Jika masih bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi masalah Gboard telah terhenti ada baiknya pilih cara lain terlebih dahulu. Karena dengan cara reset pabrik atau Factory Reset memiliki konsekuensi yang cukup besar.

Salah satu contoh dari akibat me-reset pabrik atau Factory reset yaitu data yang ada di ponsel kita akan hilang, seperti media foto atau video, kontak, aplikasi yang telah kita install, dan data lainnya.

Cara ini dapat menyebabkan ponsel kita dalam kondisi seperti ponsel baru saat pertama kali kita membelinya.

Saran. Apabila kamu ingin menggunakan cara ini yaitu me-reset pabrik atau Factory Reset ada baiknya kamu mem-backup data ponsel kamu lebih dulu ya. Supaya data kamu aman dan tidak hilang.

Berikut ini merupakan langkah – langkah cara merestart pabrik ke kondisi awal ponsel kamu:

BACA :  Bug Videomax Terbaru

Ponsel Xiaomi

Untuk ponsel android Xiaomi, langkah – langkahnya yaitu:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan
  • Klik About phone atau Tentang ponsel
  • Gulir ke bawah, kemudian pilih Backup & reset atau Cadangkan & setel ulang
  • Gulir ke bawah dan pilih Factory data reset atau Reset data pabrik
  • Setelah itu, klik Reset Phone
Factory Reset

Ponsel Android Tipe Lain

Untuk ponsel jenis lain bisa menggunakan langkah – langkah berikut ini:

  • Klik menu Settings atau Pengaturan
  • Gulir ke bagian bawah, cari dan pilih Cadangkan & Setel ulang atau Backup & reset
  • Klik Reset all data atau Reset semua data
  • Setelah itu, klik Reset Phone

Setelah melakukan langkah – langkah tersebut di atas, otomatis ponsel kamu akan mereset ulang. Tunggu hingga proses benar – benar selesai 100 %. Karena proses loading ini akan memakan waktu. Jangan terburu – buru untuk menghidupkannya ya. Biarkan proses benar – benar selesai karena setelah proses reset ulang selesai ponsel kamu akan hidup sendiri.

Baca Juga:

Nah, bagaimana penjelasannya? Cukup mudah bukan? Silakan kamu coba cara – cara tersebut ya. Sebaiknya gunakan cara yang termudah dahulu ya. Selamat mencoba, semoga berhasil. Terima kasih telah mampir ya.