Cara Mengatasi Mode Fastboot di Ponsel

Posted on

Cara Mengatasi Mode Fastboot di Ponsel – Jika smartphone android kamu tiba – tiba tampilan layarnya menjadi hitam dan disertai dengan sebuah gambar robot hijau dan di bawahnya ada tulisan fastboot.

Atau smartphone android kamu tiba – tiba tidak bisa diklik sama sekali, atau tidak bisa direstart, bahkan tidak bisa dimatikan juga.

Artinya smartphone android kamu dalam keadaan mode fastboot.

Banyak juga para pengguna smartphone android yang mengalami masalah seperti itu. Hal itu bisa terjadi karena tidak sengaja memencet tombol atau ketika smartphone android ditaruh di kantung saku atau di dalam tas.

Karena mode fastboot seperti ini sangat asing dan jarang terdengar bagi para pengguna smartphone android kecuali bagi mereka para teknisi android. Tentunya bagi para teknisi android mode fastboot ini merupakan masalah biasa yang tidak membuat panik.

Bagi yang tidak mengetahui dan tidak pernah mendengar kondisi seperti ini pasti tidak akan paham bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Bahkan mengira kondisi smartphone androidnya mengalami masalah serius dan smartphone android bisa saja rusak.

Apa itu mode fastboot? Bagaimana cara mengatasinya jika smartphone android kita dalam kondisi seperti itu?

Tenang. Smartphone yang ngehang dikarenakan mode fastboot dapat diatasi kok. Kamu tidak perlu panik berlebihan atau langsung buru – buru untuk mengganti ponsel kamu.

Kamu bisa mencoba beberapa cara untuk mengatasi mode fastboot pada smartphone android kamu. Setelah ini, akan dijelaskan bagaimana langkah – langkah cara mengatasi mode fastboot pada smartphone android. Kamu bisa mencoba dengan cara yang paling mudah.

Untuk itu simak terus ya.

Apa itu mode Fastboot?

Mode Fastboot merupakan salah satu tools yang ada pada Android yang dapat digunakan untuk memodifikasi sistem file pada Android atau digunakan untuk mem-flash ulang partisi pada Android.

Mode fastboot memiliki fungsi yang hampir sama dengan tool Recovery Mode.

Mode Fastboot
Mode Fastboot

Cara Masuk ke Mode Fastboot

Terdapat dua cara agar dapat masuk ke dalam mode Fastboot, yaitu:

  • dengan menggunakan tombol yang terdapat di smartphone android
  • dengan menggunakan Command

Masuk Mode Fastboot dengan Tombol

Gunakanlah tombol yang terdapat pada smartphone android kamu untuk masuk ke dalam mode Fastboot. Langkah – langkah untuk mengatasi fastboot, yaitu:

  • Tekan tombol Power + Volume Down atau Volume Bawah
  • Tunggu hingga ponsel restart
  • Lepaskan tombol jika muncul logo jenis smartphone android kamu
  • Kemudian tunggu hingga proses loading sistem pada ponsel kamu selesai ya

Ingat. Kamu harus menekan kedua tombol Power dan Volume Down atau Volume Bawah tersebut secara bersamaan ya. Agar dapat mengatasi masalah mode Fastboot tentunya.

Jika tidak bisa menggunakan cara tersebut di atas, kamu dapat menggunakan cara lain juga. Berikut caranya:

  • Tekan tombol Power selama 8 – 10 detik saat smartphone android kamu dalam mode Fastboot
  • Tunggu beberapa saat hingga akhirnya ponsel benar – benar mati ya
  • Setelah itu nyalakan kembali ponsel kamu seperti biasa, maka mode Fastboot akan hilang

Mudah bukan cara mengatasi mode Fastboot dengan tombol yang ada pada smartphone android kamu. Kamu bisa mencobanya tentunya.

Masuk Mode Fastboot dengan Command

Jika kamu ingin mencoba dengan cara lain seperti di atas, kamu bisa mencoba dengan Command. Kamu hanya perlu kabel USB, komputer atau PC atau laptop, dan tentunya smartphone android kamu yang sedang mengalami masalah mode fastboot ya.

BACA :  10 HP Gaming Murah Terbaik (1 - 2 Jutaan)

Berikut ini merupakan langkah – langkah untuk masuk ke dalam mode Fastboot dengan Command:

  • Sambungkan smartphone yang sudah diaktifkan USB Debugging Mode dan OEM Unlock ke komputer atau PC atau laptop yang sudah terinstall ADB Installer dan USB Driver menggunakan bantuan kabel USB.
  • Kemudian masuk ke folder ADB.
  • Tekan tombol Shift + klik kanan pada bagian kosong folder tersebut untuk menjalankan Command Prompt (CMD).
  • Pilih Open command windwow here atau Open PowerShell window here.
  • Saat muncul tampilan Command Promt (CDB), untuk memastikan device kamu sudah terkoneksi pada mode ADB atau belum maka ketik adb devices.
  • Masukkan perintah adb reboot bootloader, apabila perangkat sudah terhubung ya.
  • Ketik fastboot devices maka smartphone kamu sudah masuk ke dalam Mode Fastboot.
  • Pada Command Prompt (CMD) ketik fastboot reboot.
  • Smartphone Android kamu yang masuk ke dalam fastboot mode akan reboot dan setelah itu menyala dengan normal kembali.

Cara ini lebih sulit dan terlihat susah dibandingkan cara sebelumnya tetapi kamu dapat mencobanya ya. Tetapi kamu harus memastikan terlebih dahulu sudah mengaktifkan USB Debugging Mode dan OEM Unlock.

Jika kamu tidak yakin dengan cara ini, maka kamu dapat mencoba cara lainnya.

Ada juga cara lain untuk mengatasi masalah mode fastboot pada smartphone android kamu, selain cara di atas loh. Berikut ini cara untuk mengatasi mode fastboot pada smartphone android yaitu:

Cabut atau Lepas Baterai

Apakah smartphone android kamu tidak menggunakan baterai tanam? Maka bersyukurlah. Hal ini memudahkan kamu untuk mengatasi masalah mode fastboot. Saat smartphone kamu sedang dalam keadaan mode fastboot, kamu hanya perlu mencabut atau melepas baterai ponsel kamu.

BACA :  Paket Chat Telkomsel

Tunggu sebentar, kemudian pasang kembali baterai ponsel kamu. Tekan tombol power saat ponsel kamu dalam posisi mati, untuk menyalakan ponsel kamu.

Saat ponsel kamu menyala kembali, maka mode fastboot akan hilang dan masuk ke dalam sistem seperti biasanya.

Nah bagaimana jika smartphone android kamu menggunakan baterai tanam?

Akan sangat sulit dan ribet jika harus membongkar smartphone android kamu bukan?

Malah nantinya akan menimbulkan masalah baru jika kamu tidak bisa membongkar dan memasang kembali smartphone android kamu bukan?

Untuk mengatasi fastboot dalam keadaan seperti itu, maka kamu hanya perlu menunggu sampai baterai smartphone android kamu habis atau ponsel dalam keadaan lowbet.

Tunggu beberapa saat, setelah itu kamu charge atau cas kembali smartphone android kamu, dan nyalakan deh smartphone android kamu.

Tentunya, setelah itu smartphone android kamu dalam keadaan seperti biasa dan masalah mode fastboot kamu teratasi tentunya.

Baca Juga:

Demikianlah cara mengatasi mode fastboot pada ponsel ya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya. Terima kasih.