Cara Cek KK (Kartu Keluarga) Online

Posted on

Cara Cek KK Online – Kartu Keluarga (KK) merupakan salah satu hal yang begitu paling penting sebagai dipertimbangkan, terutama Anda baru saja menikah dan telah mempunyai sebuah keluarga baru.

Dalam keadaan ini, itu akan membantu Anda segera membuat dan mengurus sebuah kartu keluarga baru dan memisahkannya dari dua keluarga, yakni dari keluarga pasangan Anda dan keluarga Anda. Ini akan membuat sebuah administrasi keluarga baru Anda lebih mudah dan lebih cepat.

ID keluarga adalah ID keluarga yang berisi berbagai tanggal penting. Misalnya, nama, komposisi anggota keluarga, hubungan, pekerjaan masing-masing anggota keluarga, dan berbagai informasi penting lainnya. Jika Anda melihat fitur tersebut, memiliki kartu keluarga adalah suatu keharusan.

cek kk online

Dalam penggunaannya, kartu keluarga sering digunakan sebagai sebuah kebutuhan dalam adanya suatu administrasi utama dan untuk berbagai dokumen penting. Misalnya, kartu keluarga diperlukan sebagai prasyarat untuk menerbitkan akta kelahiran untuk anak-anak, mendaftarkan anak-anak di sekolah, mengubah kartu identitas dan berbagai hal terkait bank.

Tentu saja, membuat kartu keluarga baru akan memakan banyak waktu. Karena ada beberapa fase yang harus Anda lalui untuk mengurusnya. Anda harus mengurusnya sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. Tahap-tahapnya dimulai dari Asosiasi Lingkungan (RT) dan berakhir di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) di sebuah daerah Anda.

Pada prinsipnya, dalam sebuah kartu keluarga yakni harus diganti dengan setiap kali komposisi anggota keluarga berubah, terlepas dari apakah jumlah anggota keluarga berkurang atau bertambah. Ada banyak alasan yang menyebabkan perubahan dalam pengaturan kartu keluarga, seperti pernikahan, perceraian, kematian, kelahiran, dan lain sebagainya.

Menurut peraturan yang berlaku, Anda sebagai kepala keluarga wajib melaporkan masalah tersebut ke kantor desa selambat-lambatnya 14 hari setelah adanya sebuah perubahan komposisi terhadap anggota keluarga pada kartu keluarga.

Manfaat Kartu Keluarga

Banyak dari kita yang terkadang masih meremehkan dalam sebuah masalah terhadap kepemilikan kartu keluarga, meskipun itu sangat penting di lingkungan atau di daerah perumahan kita.

Begitu berbagai banyak hal yang perlu diketahui mengenai adanya sebuah manfaat terhadap kartu keluarga sehingga kita dapat mengenali bahwa kartu keluarga sangat penting dan bermanfaat bagi kehidupan pekerjaan, komunitas, sosial, dan lain-lain.

Kelebihan dari kartu keluarga itu sendiri sangat banyak, tetapi di sini kami menjelaskan keuntungan umum, yakni:

  • Persyaratan untuk pembuatan kartu identitas (KTP).
  • Sebagai prasyarat untuk mendaftarkan asuransi, BPJS dan sejenisnya.
  • Prasyarat untuk pembuatan akta kelahiran untuk anggota keluarga yang baru lahir.
  • sebagai bukti sah dan bermakna status identitas keluarga dan posisi anggota keluarga sebagai tempat tinggal.
  • Sebagai prasyarat sebagai pendaftaran dalam anak-anak yang baru saja masuk sekolah.

Mempertahankan kartu keluarga baru tidaklah sulit. Yang Anda butuhkan hanyalah dokumen yang diserahkan ke Office for Population and Registry Office, misalnya:

  • Surat kuasa bagi mereka yang mewakili.
  • Kartu keluarga yang real atau asli.
  • Fotokopi akta atau buku nikah.
  • Surat pengantar F1.01 dari suatu kelurahan atau desa.
  • Surat keterangan pindah.

Cara Cek KK Online

Berikut merupakan bebeara cara untuk memeriksa apakah nomor kartu keluarga dan KTP yang valid tersedia, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Cek NIK Online Melalui Website

Ketika adanya sebuah teknologi yang dapat berkembang dan menjadi lebih cepat, lebih canggih, Anda harus mencari tahu apakah NIC yang tercantum dalam e-KTP dan KK Anda telah disimpan dalam database populasi pusat atau tidak.

Anda dapat melakukan hal ini untuk menggunakan cek online KK dan cek KTP di situs web Dukcapil. Berikut ialah tahap-tahapannya:

  • Pertama-tama siapkan laptop dan koneksi jaringan terhadap internet.
  • Selanjutnya, buka halaman browser dan kemudian akses Dukcapil di alamat ini.
  • Nama daerah tempat Anda tinggal harus diberikan untuk setiap provinsi atau kota.
  • Contoh: https://disdukcapil.bandarlampungkota.go.id/.
  • Masukkan nomor KK dan NIK yang tercantum pada e-KTP yang diminta.
  • Periksa KK.
  • Jika NIK telah terdaftar dalam database, data pribadi Anda akan ditampilkan dengan cara lengkap.
BACA :  Action Launcher Apk

2. Cek NIK Lewat Media

Selain situs web, Anda dapat juga memeriksa sebuah media sosial dengan menggunakan sebuah format yang sama. Di mana media sosial dapat Anda gunakan seperti Twitter: @ccdukcapil dan Facebook: Halo Dukcapil.

Akan tetapi, untuk alasan keamanan bersama, Dukcapil merekomendasikan agar pesan dikirim ke media sosial menggunakan fitur pesan pribadi atau pesan langsung. Hal ini dimaksudkan agar data yang diberikan tidak dapat dilihat terhadap pihak lain.

Penyertaan LCI atau data populasi di publik, misalnya dalam sebuah komentar atau di kolom menyebutkan, membawa adanya sebuah risiko untuk mengundang hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika publik ingin mengirim email keluhan mereka, Dukcapil juga telah memberikan alamat email yang dapat Anda hubungi: callcenter.dukcapil@gmail.com. Namun, jika Anda mengirimkan keluhan melalui email, itu akan memakan waktu sedikit lebih lama. Dukcapil akan segera menjawab pesan Anda dalam 24 jam.

Selain itu, Anda perlu tahu bahwa Dukcapil membuka layanan pengujian NIK dan KK yang lebih nyaman. Karena jika email sedikit sulit bagi Anda, yang harus Anda lakukan sekarang adalah memeriksanya melalui aplikasi obrolan SMS atau WhatsApp.

Saat memeriksa melalui WhatsApp, SMS, dan email, Anda dapat mengirimkannya dalam format sebagai berikut:

#NIK
#Nama_Lengkap
#Nomor_Kartu_Keluarga
#Nomor_Telp
#Keluhan

Adapun keputusan akhir, jika Anda tidak bisa menunggu Dukcapil untuk mengirim keluhan Anda kembali. Anda dapat memeriksa NIK dengan menghubungi pusat panggilan. Caranya sederhana, yang harus Anda lakukan adalah menelepon 1500537.

Memeriksa kartu online dan e-KTP diharapkan dapat membantu Anda memeriksa validitas data Anda yang terdaftar di Dukcapil. Anda harus memastikan ini agar keberadaan Anda di area perumahan sudah benar.

BACA :  Archero Mod Apk

Selain untuk dapat memeriksa pada sebuah nomor kartu keluarga secara online, Anda dapat memeriksa sebuah nomor kartu keluarga di media sosial menggunakan format yang sama.

Anda dapat mencari akun Facebook Halo Dukcapil dan Twitter dengan nama pengguna @ccdukcapil. Untuk alasan keamanan bersama, Anda harus mengirim pesan menggunakan fungsi pesan langsung dan pesan pribadi untuk menghindari adanya sebuah peristiwa yang tak diinginkan.

3. Cek NIK Melalui Website Singkat

Jika ingin memeriksa sebuah kartu keluarga Anda dengan online, Anda dapat membukanya di situs web. Anda dapat memeriksa apakah NIK telah disimpan di e-KTP Anda atau tidak dengan membuka situs web Dukcapil. Berikut ialah tahapannya:

  • Buka terhadap browser Anda.
  • Masukkan alamat http://dukcapil.kemendagri.go.id/.
  • Masukkan NIK e-KTP Anda di bidang yang tersedia.
  • Jika NIK sudah terdaftar di database, data Anda akan ditampilkan secara lengkap.

4. Cek NIK Melalui SMS, Email, WhatsApp

Terlepas dari dua media yang disebutkan di atas, Anda juga dapat memeriksa kartu keluarga Anda secara online dengan mengirim SMS, email, dan WhatsApp. Anda dapat mengirim ke dalam sebuah email ke callcenter.dukcapil@gmail.com atau WhatsApp di +628118005373. Dalam sebuah prosesnya yakni membutuhkan sekitar 1×24 jam.

Kartu Keluarga (KK) merupakan salah satu hal yang begitu paling penting sebagai dipertimbangkan, ID keluarga yang berisi berbagai tanggal penting. Misalnya, nama, komposisi anggota keluarga, hubungan, pekerjaan masing-masing anggota keluarga.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Cara Cek KK (Kartu Keluarga) secara Online. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.