Android Studio

Posted on

Android studio Download v 3.4.2 windows 64 bit, 32 bit, macOS, Linux Pengeditan, debugging, tooling kinerja, sistem build fleksibel dan build

Kalian pasti sudah tidak asing jika mendengar kata Android. Pada dasarnya, Android merupakan sebuah system opersai yang digunakan tidak hanya pada perangkat smartphone saja, namun juga untuk perangkat TV, tablet bahkan hingga layar mobil.

System perangkat Android ini dikembangkan oleh Google dan berbasis Linux. Sebagai sebuah perangkat lunak yang berbasis open source, kalian dapat mendownload source code Android dan menggunakannya sebagai perangkat keras kalian sendiri.

Beberapa perusahaan smartphone besar seperti Samsung menggunakan kode dasar Android lalu menambahkan fitur serta software milik mereka sendiri yang digunakan untuk produksi smartphone milik mereka sendiri.

Android, sebagai salah satu system operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, tentu para developer memiliki kesempatan untuk mengembangkan aplikasi mereka sendiri khusus untuk system operasi Android ini.

Mungkin banyak dari kalian yang masih bingung bagaimana bisa kalian dapat membuat sebuah aplikasi untuk system operasi besar seperti Android ini. Nah, disinilah peran Android Studio. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas berbagai hal mengenai Android Studio yang musti kalian ketahui.

Apa itu Android Studio?

android-studio

Android Studio adalah sebuah Integrated Development Enviroment (IDE) untuk smartphone dengan system perangkat Android, yang dibangun di atas perangkt lunak JetBrains IntelliJ IDEA serta sengaja didesain khusus untuk pengembangan smartphone Android. IDE ini adalah pengganti dari Eclipse Android Development Tools (ADT) yang sebelumnya telah menjadi IDE utama untuk pengembangan aplikasi di Android.

BACA :  Og Youtube

Android Studio ini adalah lingkungan pengembangan yang terbaru dan terintegrasi penuh. Android Studio ini resmi pertama kali diumumkan di Google I/O conference pada 16 Mei 2013 yang lalu. Ini merupakan tahap preview dari versi pertama 0.1 pada Mei 2013, dan telah memasuki tahap beta sejak versi 0.8 dan mulai dirilis pada Juni 2014.

Salah satu tugas yang dimiliki Android sebagai IDE yaitu menyediakan interface untuk kalian membuat sebuah aplikasi serta mengelola manajemen file yang dapat dibilang sangat kompleks. Bahasa programming yang akan kalian gunakan di sini adalah Java. Pada Android Studio ini kalian hanya perlu menulis, mengedit, serta menyimpan project tersebut beserta bergai file lain nya yang berhubungan dengan project tersebut.

Tak hanya itu, Aplikasi ini juga akan member kalian akses ke Android Software Development Kit (SDK). SDK ini dapat dibilang juga sebagai ekstensi dari kode Java yang memperbolehkannya untuk berjalan dengan mulus tanpa halangan di device Andorid. Jadi, jika Java dibutuhkan untuk menulis sebuah program, maka Android SDK dibutuhkan untuk menjalankan program tersebut pada Android. Untuk bisa menggabungkan keduanya, kalian memerlukan Android Studio. Selain itu, apabila kalian menemukan sebuah bug pada aplikasi kalian, kalian dapat menggunakan Android Studio ini untuk memperbaiki bug tersebut.

Fitur

  • Environment yang dapat memudahkan kalian dalam mengembangkan aplikasi di Android
  • Support yang akan membantu mengembangkan aplikasi Android TV serta Android Wear
  • Editor layout dengan interface drag-end-drop
  • Template untuk menentukan desain serta komponen Android
  • Dukungan build yang berbasis pada Gradle
  • Integrasi ProGuard
  • Emulator yang cepat serta berbagai fitur
  • Dukungan C++ dan juga NDK

Cara Install

Sebelum menginstall, kalian harus menginstall Java Development Kit terlebih dahulu. Jika sudah, silahkan ikuti langkah langkah berikut ini untuk menginstall Android Studio.

  • Silahkan kalian buka installer Android Studio yang sudah kalian download, kemudian tekan next.
  • Jika sudah, akan muncul jendela baru yang akan memberikan kalian beberapa pilihan komponen apa saja yang kalian install. (jika kalian baru pertama kali menginstall, pilih saja semuanya, kemudian klik next)
  • Setelah itu kalian akan melihat License Agreement, klik I Agree
  • Kalian akan melihat pilihan lokasi penyimpanan file. Lalu klik default dan file kalian akan disimpan ke directory yang sudah disediakan. Klik next, lalu klik install.
  • Setelah selesai menginstall, klik next. Kalian akan melihat windows “completing Setup”. Klik Finish.
  • Kalian akan melihat jendela barub dengan 2 pilihan. Checklist kedua pilihan tersebut lalu klik OK.
  • Setelah itu kalian akan melihatv layar WELCOME, klik next.
  • Pilih standard, klik next.
  • Kalian akan melihat jendela SDK Component Setup. Pilih komponen yang ingin kalian install lalu klik next. Klik Finish.
  • Kalian akan melihat layar Downloading Component.
  • Setelah proses download kalian selesai, maka proses installasi juga telah selesai. Kalian hanya tinggal klik Finish.